Tempat Wisata Terbaik di Riau

Riau | Sumber Gambar : Wikipedia.org

Riau adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak dibagian tengah pantai timur Pulau Sumatra yang beribukota di Kota Pekanbaru ini merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia.

Berikut rekomendasi tempat wisata terbaik di Propinsi Riau buat kamu.

Baca Juga : Tempat Wisata Terbaik di Kepulauan Riau

1. Candi Muara Takus

Candi Muara Takus | Sumber Gambar : instagram.com/susanto.xu

Buat kamu yang menyukai wisata sejarah, Candi Muara Takus wajib dikunjungi karena merupkan satu-satunya candi peninggalan umat Budha di Riau. Jangan lupa untuk berfoto karena candi ini memiliki corak yang luar biasa karena dibangun dengan batu pasir, batu bata dan batu sungai.

Lokasi : Desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar

2. Sungai Kampar

Sungai Kampar | Sumber Gambar : Idntravel.com

Buat Kamu yang suka wisata sambil berselancar, Sungai Kampar wajib masuk daftar destinasi berikutnya, karna Kamu dapat merasakan sensasi berselancar disungai. Sungai ini mempunyai ombak yang cukup menantang dengan kecepatan 40 Km/jam bernama Ombak Bono yang kepopulerannya sudah mendunia dengan ketinggian ombak bisa mencapai 4 -6 meter loh.

Lokasi : Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan

3. Labersa Riau Fantasi Theme Park

Riau Fantasi | Sumber Gambar : Riauberbagi.blogspot.com

Dengan luas mencapai 6,5 hektar merupakan tempat wisata air terbesar di Pulau Sumatra dengan keamanan yang ketat dalam penjagaan kendaraan para wisatawan sehingga membuat kenyamanan para pengunjung dalam menikmati liburan. Berada di Kota Pekanbaru memiliki wahana yang cukup lengkap dan bersih.

Ada dua kategori wahana yang dapat dinikmati disini yaitu wahana kering dan wahana air. Diwahana kering Kamu bisa mencoba beberapa macam permainan yang memacu adrenalin dan diwahana air kamu bisa bermain air berenang sepuasnya.

Lokasi : Tanah Merah, Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau

4. Istana Siak Sri Indrapura

Istana Siak | Sumber Gambar : cagarbudaya.kemdikbud.go.id

Dibangun oleh Sultan Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin pada tahun 1889, Istana Siak merupakan bangunan cagar budaya mengadopsi gaya arsitektur eropa, arab dan melayu. Istana Siak dahulu merupakan tempat tinggal Kesultanan Siak Sri Indapura.

Disini Kamu dapat belajar sejarah mengenai Kesultanan Siak yang menunjukkan masa kekuasaan kerajaan Islam terbesar di Riau pada abad ke 6 hingga 20. Beberapa koleksi patung perunggu Kerajaan Belanda Ratu Wilhelmina dan patung Sultan Syarif Hasyim I yang terbuat dari batu pualam berhiaskan berlian dipajang disini.

Lokasi : Siak Sri Indrapura, Kp. Dalam, Siak, Kabupaten Siak

5. Taman Alam Mayang

Taman Alam Mayang | Sumber Gambar : Brosipku.com

Berikutnya ada Taman Alam Mayang yang memiliki luas 24 hektar, merupakan tempat wisata yang sangat cocok sekali untuk berwisata bersama keluarga. Selain untuk piknik disini juga memiliki berbagai macam wahana outdoor seperti mandi bola untuk anak, flying fox, kolam memancing, sepeda air dan outbound lainnya. Dengan udara yang sejuk dan suasana yang indah Taman, Alam Mayang sangat cocok menjadi tujuan piknik bersama keluarga.

Lokasi : Jl Haji Imam Munandar, Taman Alam Mayang, Tengkerang, Tenayan Raya, Pekanbaru.

6. Kawah Biru

Kawah Biru | Sumber Gambar : Tokoilmulo.blogspot.com

Merupakan kawah hasil buatan manusia yang menjadi salah satu destinasi wisata andalan Pekanbaru, Riau. Kawah hasil bekas galian yang tanahnya berpasir putih kemudian tergenang air hujan sehingga membuat warna air genangannya menjadi biru. Sangat cocok nih buat Kamu yang hobi berfoto karena memiliki beberapa titik spot foto yang bagus.

Lokasi : Jl Karya Labersa, Tanah Merak Siak Hulu, Kabupaten Kampar.

7. Masjid Agung An Nur

Masjid Agung An Nur | Sumber Gambar : instagram.com/novri_pci

Kurang Lengkap rasanya jika Kamu berlibur ke Pekanbaru tanpa mengunjungi Masjid Agung An Nur yang merupakan masjid terbesar dan termegah di Pekanbaru sekaligus menjadi ikon wisata religi yang dibanggakan masyarakat Riau. Arsitektur Masjid Agung An Nur merupakan hasil perpaduan empat budaya yaitu Melayu, Arab, Turki, India dan memiliki desain megah menyerupai Taj Mahal di India.

Lokasi : Jl Hangtuah Ujung, Sumahilang, Pekanbaru.

You may also like...